UPACARA PIODALAN IDA BHATARA TURUN KABEH DESA ADAT LES-PENUKTUKAN TAHUN 2022

Ketut Kartika Yani 04 Oktober 2022 08:59:30 WITA

Masyarakat Desa Adat Les-Penuktukan melaksanakan upacara piodalan Ida Bhatara Turun Kabeh tahun 2022 setelah dua tahun ditiadakan karena pandemi. Piodalan ini berlangsung selama 11 hari, yaitu dimulai pada 30 September hingga 11 Oktober 2022. Dudonan acara dimulai pada Jumat, 30 September 2022 yakni pelaksanaan ngodal Ida Bhatara sami yang didahului dengan ngodal Ida Bhatara Jeroan / Ida Bhatara ring Pura Bale Agung pada pukul 16.00 wita selanjutnya pada pukul 24.00 wita ngodal Ida bhatara Ratu Gede / Ida Bhatara Sanggah Desa.

Ida Bhatara yang keodal di Desa Les ( Banjar Adat Les ) antara lain :

  1. Ida Bhatara Bale Agung ( Jeroan )
  2. Ida Bhatara Pura Puseh
  3. Ida Bhatara Pura Dalem Pingit
  4. Ida Bhatara Pura Sanggah Desa
  5. Ida Bhatara Pura Beji
  6. Ida Bhatara Pura Naga
  7. Ida Bhatara Empelan / Pura Subak
  8. Ida Bhatara Pura Dalem Prabu / Pura Dangka
  9. Ida Bhatara Pura Pemaksan Ulun Sari
  10. Ida Bhatara Pemaksan Ratu Ngurah Gede Senjata / Sanggah Dalang
  11. Ida Bhatara Sengguhu
  12. Ida Bhatara Geria
  13. Ida Bhatara Dalem Gremet / Dalem Kauh
  14. Ida Bhatara dalem Soan Anyar

Ida Bhatara yang keodal dari Desa penuktukan ( Banjar Adat penuktukan ) antara lain :

  1. Ida Bhatara Dalem Ganda Mayu
  2. Ida Bhatara Pura Pemaksan
  3. Ida Bhatara Pura Nyanti
  4. Ida Bhatara Pura Belimbing
  5. Ida Bhatara Pura Bendesa Mas

 

Dudonan acara selanjutnya adalah Ida Bhtara mekiis ke Pura Segara Palisan pada hari Sabtu, 1 Oktober 2022 pukul 7.30 wita berangkat dari Pura Bale Agung Desa Adat Les-Penuktukan. Setelah Ida Bhatara Melinggih, ada tampilan sesolahan seperti jojor, dan tarian rejang. Ida Bhatara mererepan / menginap semalam. Kemudian, keesokan harinya pada Minggu, 2 Oktober 2022 pukul 6.00 wita ida Bhatara mekiis ke Pura Ponjok Batu, Desa Adat Bangkah, Desa Pacung, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng. Pecanangan di Pura Ponjok Batu dimulai pukul 13.00 WITA yang dibarengi dengan tarian jojor, rejang dewa, dan juga rejang taksu bhuana oleh truna truni desa lan sekaa gamel. Selanjutnya pada pukul 14.30 wita Ida Bhatara sami mantuk /kembali ke Pura Bale Agung Desa Adat Les-Penuktukan .

Pada hari Senin, 03 Oktober 2022 Ida Bhatara katuran Bakti Dapetan ( Pesu Nasi, Mebat, Bakti Dapetan) dan dilanjutkan dengan wayon atau pecanangan, dan ngeneng sampai hari Sabtu, 8 Oktober 2022. Kamis, 6 Oktober 2022 dilaksanakan pewintenan Ngalinggihang Jro Pasek dan setelah tiga hari mekemit, yaitu pada minggu, 09 Oktober 2022 dilaksanakan Mancang Karma Jro Pasek (Mekiis ke pura segara Palisan).

Pada Senin, 10 ktober 2022 ngelasti Ida Bhatara sami yang dimulai dari pukul 7.00 wita sampai selesai selanjutnya Ida bhatara Katuran bakti penganyar lan sayut penglastian ngelantur Bakti Ageng / Bakti Gede dari Desa Adat Les-Penuktukan , dan pada pukul 24.00 wita Ida Bhatara Ratu Gede / Ida Bhatara Sanggah Desa lan Ida Bhatara Dadong Jero ( Pura pemaksan Ulun sari ) mantuk / kembali ke Pelinggih. Keesokan harinya pada hari Selasa tanggal 11 Oktober 2022 Ida  Bhatara sami mantuk / kembali ke Pelinggih masing-masing selanjutnya Ida bhatara kesineb / kesimpen .

Komentar atas UPACARA PIODALAN IDA BHATARA TURUN KABEH DESA ADAT LES-PENUKTUKAN TAHUN 2022

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Desa Les

Lokasi Les

tampilkan dalam peta lebih besar