SOSIALISASI PEMBENTUKAN LEMBAGA KEMASYARAKATAN DESA

nyoman mahadiartha 28 Agustus 2019 11:55:36 WITA

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Buleleng melaksanakan kegiatan sosialisasi pembentukan Lembaga  Pemberdayaan Masyarakat Desa di Desa Les pada hari Rabu tanggal 28 Agustus 2019 bertempat di Aula Kantor Perbekel Les yang dihadiri oleh  Camat Tejakula yang diwakili oleh Bapak Gede Sutawan , Pendamping Kecamatan ,Perangkat Desa , LPM dan KPMD . Pertemuan dibuka oleh Plh Perbekel Les pada pukul 11.00 wita  dan dilanjutkan pemberian materi dari Dinas PMD Kabupaten Buleleng .

Untuk mengoptimalkan pemberdayaan desa sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Ttahun 2014 tentang Desa , Lembaga Kemasyarakatan Desa dibentuk oleh Desa dan masyarakat. lembaga Kemasyarakatan melakukan pemberdayaan masyarakat dan ikut serta dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan , sebagai wadah yang dibentuk atas prakarsa masyarakat desa yang difasilitasi oleh pemerintah desa dalam menampung dan mewujudkan aspirasi serta kebutuhan masyarakat di bidang pembangunan.

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa / Kelurahan merupakan pelaksana organisasi yang bersifat kolektif mewakili organisasi ke dalam dan ke luar , dalam melaksanakan tugas pemberdayaan masyarakat di desa bertanggungjawab kepada Musyawarah Desa .

Dengan diterbitkannya Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa , LPM mempunyai peranan strategis dalam pembangunan desa , karena dengan diberikannya otonomi yang seluas-luasnya kepada desa memerlukan mitra kerja dengan lembaga Kemasyarakatan seperti LPM. Pembentukan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat ( LPM ) diatur dengan Peraturan Desa .

Komentar atas SOSIALISASI PEMBENTUKAN LEMBAGA KEMASYARAKATAN DESA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Les

tampilkan dalam peta lebih besar