Kondisi Umum Desa

31 Januari 2017 19:19:07 WITA

KONDISI UMUM DESA

LETAK WILAYAH

                Desa Les memiliki luas wilayah seluas 769 Hekto are , melihat dari hal tersebut maka banyak potensi yang harus digali guna menunjang oerekonomian serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Les . Desa Les yang merupakan salah satu desa di wilayah  Kecamatan Tejakula dengan batas-batas :

  • Sebelah Utara : Laut Jawa
  • Sebelah Selatan : Desa Siakin dan Desa Subaya
  • Sebelah Timur : Desa Penuktukan
  • Sebelah Barat : Desa Tejakula

Dilihat dari jarak tempuhnya Desa Les berada cukup jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten maupun Provinsi yaitu :

  • Ke Ibu Kota Kecamatan : 3 Km
  • Ke Ibu Kota Kabupaten : 36 Km
  • Ke Ibu Kota Provinsi : 116 Km

Geografis Desa Les terletak diantara 8,07 LS – 8,12 LS dan 115 BT – 115,07 BT , tereltak pada ketinggian 0 s/d 500 meter dari permukaan laut, memiliki topografi wilayah berupa dataran rendah dan perbukitan. Suhu udara rata-rata pada siang hari antara 28 s/d 32 derajat celcius. Pembagian wilayah menurut fungsinya yaitu  :Perkebunan / pertanian 402,26 hektar , Perumahan 38 Hektar , Fasilitas Umum 107,74 Hektar , Kuburan 2,50 Hektar , Pekarangan 18 Hektar , Hutan 200 Hektar , Perkantoran 0,50 Hektar .

LUAS WILAYAH

                Luas wilayah Desa Les 769 Hektar, secara administratif Desa Les terbagi atas 9 Banjar Dinas / Dusun yang meliputi  :

  1. Banjar Dinas Butiyang
  2. Banjar Dinas Kanginan
  3. Banjar Dinas Panjingan
  4. Banjar Dinas Tegallinggah
  5. Banjar Dinas Selonding
  6. Banjar Dinas Kawanan
  7. Banjar Dinas Lempedu
  8. Banjar Dinas Tubuh
  9. Banjar Dinas Penyumbahan dan terbagi menjadi 1 ( satu ) Banjar Adat yaitu Banjar Adat Les .

 

 

Adapun penggunaan lahan seluas 769 Ha peruntukannya sebagai berikut :

  1. Pemukiman Umum : 38 Ha
  2. Perkantoran : 0,50 Ha
  3. Pekarangan : 18 Ha
  4. Kuburan : 2,50 Ha
  5. Perkebunan : 372,26 Ha
  6. Persawahan : 30 Ha
  7. Hutan : 200 Ha
  8. Lain-lain : 107,74 Ha

KEADAAN PENDUDUK

                Jumlah penduduk Desa Les , Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng berdasarkan profil desa  Tahun 2015 sebanyak 3.984 laki-laki dan 3.806 perempuan dengan jumlah KK sebanyak 2.301 .

JUMLAH PENDUDUK MENURUT MATA PENCAHARIAN

                Struktur pendududuk menurut mata pencaharian menunjukkan bahwa sebagian besar pendudduk menggantungkan sumber kehidupannya di sektor pertanian ( 12,47 % ) , sektor lain yang menonjol adalah peternak ( 0,78 % ) dan sektor laiinya seperti pegawai negeri , karyawan swasta ( 16,59 % ) sektor rumah tangga dan pengolahan ( 0,24 % ) dan sektor jasa ( 0,82 % ) .

JUMLAH PENDUDUK MENURUT TINGKAT PENDIDIKAN

                Struktur penduduk menurut pendidikan menunjukkan kualitas sumber daya manusia yang dipunyai Desa Les yaitu  yang berusia 7 tahu s/d 18 tahun 21,86 % , sedang mengikuti pendidkan 21,86 % dan sisanya 78,14 % tidak bersekolah lagi , baik pada tingak lanjutan dan perguruan tinggi .

KEADAAN SOSIAL BUDAYA DESA

  1. Kesehatan Masyarakat

Kondisi kesehatan masyarakat desa Les secara umum dlam kondisi yang relatif baik. Angka kematian bayi  dan ibu relatif kecil dikarenakan kader posyandu ,bidan dan dokter serta  tenaga kesehatan secara rutin setiap bulan melakukan kunjungan / pengobatan  dan selalu proaktif dan peduli terhadap masalah kesehatan warga .

  1. Kemiskinan

Menurut sumber data dari Dinas kesejahteraan Sosial Kabupaten Buleleng Jumlah KK Miskin penerima  beras sebanyak 376 KK , penerima PKH sebanyak ……. KK.

  1. Kesenian dan Kebudayaan

Desa Les mempunyai potensi kesenian yang dikembagkan oleh masyarakat Desa Les . Jenis kesenian yang berkembang dan menjadi asset desa les antara lain : Sekehe Gong Abdi Budaya ,Sekehe Gong Dharma Sadana  , Sekehe Angklung Suara Langun dan  sanggar Tari Labda Manohara . Dalam mengembangkan Adat dan Budaya  bali di desa Les juga didukung dengan tersedianya sarana dan prasarana  seprti Pura Kahyangan Tiga , Pura Sanggah Desa , Pura Naga , Pura Dangka , Pura Sanggah Dalang ( Pura Ratu Ngurah Gede Senjata ), Pura Pemaksan Ulun Sari , Pura Empelan ( Pura Subak ) Pura Dalem Gremet , Pura Dalem SoanAnyar . Pura Geria . Pura Sengguhu , Pura Beji dan Pura Pelisan.

KEADAAN EKONOMI

                Perekonomian yang ada di desa Les merupakan aset besar bagi pertumbuhan perekonomian penduduk desa Les. Selain mayoritas penduduk sebagai petani di desa Les juga tumbuh usaha-usaha lain seperti  : warung ,toko, home industri dan peternakan serta pariwisata dan juga Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes ) Sari Lestari .

LEMBAGA KEMASYARAKATAN

                Lembaga kemasyarakatan adalah lembaga yang dibentuk masyarakat berdasakan prinsip-prinsip kesukarelaan , kemandirian dan keagamaan. Karakteristiknya terdir dari lembaga kemasyarakatan yang berbasis  : kewilayahan , keagamaan , profesi , kebudayaan ( termasuk adat istiadat ) ,kepemudaan , gender , dan interes group / kepentingan. Dalam prakteknya Lembaga kemasyarakatan berfungsi sebagai mitra pemerintah desa dalam pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat .

SUSUNAN ORGANISASI DAN TATA KERJA PEMERINTAH DESA LES

                Sistem dalam kelembagaan dalam pengaturan tugas dan fungsi serta hubungan kerja sudah barang tentu merupakan hubungan kerja  perbekel dan perangkat desanya.

Adapun susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa  meliputi :

  1. Struktur Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa Les
  2. Struktur Organisasi Badan Permusyawaratan Desa Les ( BPD Desa Les )

 

 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

PENYALURAN BSU KEPADA DISABILITAS - DESA LES

DESA LES

Lokasi Les

tampilkan dalam peta lebih besar