PIODALAN IDA BHATARA TURUN KABEH TAHUN 2019

nyoman mahadiartha 08 Oktober 2019 10:09:14 WITA

UPACARA PIODALAN IDA BHATARA TURUN KABEH DESA ADAT LES-PENUKTUKAN TAHUN 2019

                Krama Desa Adat Les-Penuktukan melaksanakan piodalan Ida bhatara Turun Kabeh Tahun 2019 yang berlangsung dari tanggal 4 Oktober 2019 samai dengan tanggal 14 Oktober 2019 .

Dudonan acara piodalan Ida Bhatara Turun Kabeh sudah dimulai sejak tanggal 22 September 2019 dengan mulai  Nangun Payon di Pura Bale Agung / Pura Desa Desa Adat Les-Penuktukan selanjutnya pada tanggal 2 Oktober 2019 dilaksanakan upacara malik sumpah lan melaspas Bale Panggungan / Bale Pesamuan Agung di Pura bale Agung Desa Adat Les-Penuktukan .

Pada hari Jumat tanggal 4 oktober pukul 18.00 wita dilaksanakan upacara ngodal Ida bhatara sami yang didahului dengan ngodal Ida Bhatara Jeroan / Ida Bhatara ring Pura Bale Agung pada pukul 16.00 wita selnjutnya pada pukul 24.00 wita ngodal Ida bhatara Ratu Gede / Ida Bhatara Sanggah Desa .

Ida Bhatara yang keodal di Desa Les ( Banjar Adat Les ) antara lain :

  1. Ida Bhatara Bale Agung ( Jeroan )
  2. Ida Bhatara Pura Puseh
  3. Ida Bhatara Pura Dalem Pingit
  4. Ida Bhatara Pura Sanggah Desa
  5. Ida Bhatara Pura Beji
  6. Ida Bhatara Pura Naga
  7. Ida Bhatara Empelan / Pura Subak
  8. Ida Bhatara Pura Dalem Prabu / Pura Dangka
  9. Ida Bhatara Pura Pemaksan Ulun Sari
  10. Ida Bhatara Pemaksan Ratu Ngurah Gede Senjata / Sanggah Dalang
  11. Ida Bhatara Sengguhu
  12. Ida Bhatara Geria
  13. Ida Bhatara Dalem Gremet / Dalem Kauh
  14. Ida Bhatara dalem Soan Anyar

Ida Bhatara yang keodal dari Desa penuktukan ( Banjar Adat penuktukan ) antara lain :

  1. Ida Bhatara Dalem Ganda Mayu
  2. Ida Bhatara Pura Pemaksan
  3. Ida Bhatara Pura Nyanti
  4. Ida Bhatara Pura Belimbing
  5. Ida Bhatara Pura Bendesa Mas

Dudonan acara selanjutnya adalah Ida Bhtara mekiis ke Pura Segara Palisan pada hari  sabtu tanggal 5 oktober 2019 pukul 7.30 wita berangkat dari Pura Bale Agung Desa Adat Les-Penuktukan . Ida Bhatara mererepan / menginap semalam lalu keesokan harinya pada hari minggu tanggal 6 oktober 2019 pukul 6.00 wita ida Bhatara mekiis ke Pura Segara Pegonjongan , Desa Adat Gretek , Banjar Dinas Gretek  Desa Sambirenteng Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng selanjutnya pada pukul 15.30 wita Ida Bhatara sami mantuk /kembali ke Pura Bale Agung Desa Adat Les-Penuktukan .

Pada hari Senin tanggal 7 Oktober 2019 Ida Bhatara katuran Bakti Dapetan dan dilanjutkan dengan wayon atau pecanangan sampai hari selasa tanggal 8 Oktober 2019 dan hari Rabu tanggal 9 Oktober 2019 ngeneng / istirahat dan pada hari kamis tanggal 10 Oktober 2019 bakti peserah / ngulihang lakon ( ngulihang ajang ) dane Jero Bahu Suar .

Pada hari minggu tanggal 13 Oktober 2019 ngelasti Ida Bhatara sami yang dimulai dari pukul 8.00 wita sampai selesai selanjutnya Ida bhatara Katuran bakti penganyar lan sayut penglastian ngelantur Bakti Ageng / Bakti Gede dari Desa Adat Les-Penuktukan , dan pada pukul 24.00 wita Ida Bhatara Ratu Gede / Ida Bhatara Sanggah Desa lan Ida Bhatara Dadong Jero ( Pura pemaksan Ulun sari ) mantuk / kembali ke Pelinggih dan keesokan harinya pada hari senin tanggal 14 oktober 2019 ida  Bhatara sami mantuk / kembali ke Pelinggih masing-masing selanjutnya Ida bhatara kesineb / kesimpen .

Komentar atas PIODALAN IDA BHATARA TURUN KABEH TAHUN 2019

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Desa Les

Lokasi Les

tampilkan dalam peta lebih besar