EVALUASI DAN PENGARAHAN KELOMPOK TERNAK GUNA MENJAGA KETAHANAN PANGAN DI DESA LES

Ketut Kartika Yani 04 Agustus 2022 11:03:43 WITA

Program Ketahanan Pangan merupakan salah satu program yang telah berjalan di Desa Les. Program ini dibentuk untuk membantu menjaga ketahanan pangan di masyarakat. Melaui program ini, terbentuklah dua kelompok ternak. Dua kelompok ternak tersebut adalah kelompok ternak babi dan kelompok ternak kambing. Masing-masing Banjar Dinas di Desa Les memiliki kelompok ternak, baik itu kelompok ternak babi, kelompok ternak kambing, ataupun keduanya. 

Guna mengetahui perkembangan kelompok ternak di masing-masing Banjar Dinas, Perbekel Desa Les mengundang Ketua Kelompok Ternak di masing-masing Banjar Dinas untuk mengevaluasi sekaligus memberikan pengarahan. Diskusi ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Les, pada Kamis, 04 Agustus 2022. Sebanyak 15 warga perwakilan kelompok ternak meghadiri diskusi tersebut. Selain warga perwakilan keompok ternak, diskusi juga dihadiri oleh Kelian Banjar Dinas di Desa Les.

Evaluasi ini berkaitan dengan bagaimana ternak yang sudah dipelihara selama ini. Apakah ada kematian, atau sudah berkembang biak. Evaluasi kali ini juga membahas kendala-kendala yang dihadapi kelompok ternak di lapangan dan bagaimana solusi yang mungkin bisa dilakukan.

Selain evaluasi, pengarahan juga diberikan oleh perbekel Desa Les, Gede Adi Wistara, SH. Pengarahan tersebut terkait dengan pakan ternak dan juga pembelian bibit ternak nantinya apabila ada kelompok ternak sudah panen (ada ternak yang terjual).

Perbekel Desa Les juga menyampaikan jika kedepannya selain kelompok untuk ternak, kelompok lainnya yang akan dibentuk adalah kelompok untuk mengembangkan sayuran. Diskusi ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dari warga.

Komentar atas EVALUASI DAN PENGARAHAN KELOMPOK TERNAK GUNA MENJAGA KETAHANAN PANGAN DI DESA LES

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Desa Les

Lokasi Les

tampilkan dalam peta lebih besar