YEH SONG, OBJEK WISATA TERSEMBUNYI DI BANJAR YANGUDI

Ketut Kartika Yani 10 Agustus 2022 09:02:15 WITA

Banjar Yangudi, pernahkah Anda mendengar nama Banjar tersebut sebelumnya? Belum? Anda wajib membaca artikel ini. Yuk, kenalan dengan Banjar Yangudi.

Banjar Yangudi merupakan salah satu Banjar yang ada di Desa Les, Kecamatan Tejakula, Buleleng, Bali. Banjar kecil yang terletak diperbukitan Desa Les ini memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan dalam mendukung perekonomian warga setempat. Seperti objek wisata dan juga produk lokal yang dikelola oleh warga setempat.

Salah satu objek wisata yang ada di Bajar Yangudi adalah Yeh Song. Yeh Song merupakan air yang bersumber dari goa. Air dalam Bahasa Bali disebut dengan yeh, sedangan Goa diartikan sebuah lubang atau masyarakat sekitar menyebutnya dengan song, oleh karena itulah nama tempat ini disebut dengan Yeh Song. Yeh Song menjadi sumber mata air bagi warga Banjar Yangudi dan sekitarnya. Airnya yang jernih membuat warga Banjar Yangudi bisa langsung meminum air tersebut tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu.

Lokasi Yeh Song berada ditengah hutan Desa Les. Yeh Song hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari Banjar Yangudi, namun dari pusat Desa Les, Yeh Song bisa ditempuh menggunakan sepeda motor hingga di Banjar Yangudi. Akses menuju Yeh Song dikelilingi oleh hamparan hijau pepohonan dan juga perbukitan.

Sebelum berkunjung ke Yeh Song, menurut kepercayaan masyarakat Hindu di Banjar Yangudi dan sekitarnya, pengunjung harus melakukan pembersihan secara niskala dengan sarana yang disebut dengan “Ambuh” oleh warga setempat. Ambuh ini merupkan campuran santan, daun intaran, dan juga daun ilalang yang di usapkan di kepala. Adapun larangan lain yang harus diperhatikan sebelum mengunjungi objek wisata ini adalah wanita yang sedang datang bulan (menstruasi) tidak diijinkan untuk berkunjung, tidak boleh mandi disekitar sumber mata air, dan juga tidak diperkenankan untuk mengeluarkan kata-kata kasar. Larangan-larangan ini untuk menjaga kesucian Yeh Song.

Tempat ini sangatlah direkomendasikan untuk anda yang ingin menepi dari kebisingan kota. Udara yang masih sangat segar, tanpa polusi, dan suasana yang sangat sepi menjadi obat untuk kebisingan-kebisingan diluar sana. Selain itu, anda juga bisa ke dalam goa, melihat-lihat karya alam didalamnya dan mendengar gemercik air yang akan menyentuh hati anda akan ketenangan. Air yang ada di Yeh Song juga masih alami, jernih dan bisa diminum langsung. So, jika anda ingin berkunjung ke Yeh song, tidak perlu untuk membawa air minum. Disana sudah tersedia air minum alami.

Penasaran? Yuk berkunjung ke Yeh Song!

Komentar atas YEH SONG, OBJEK WISATA TERSEMBUNYI DI BANJAR YANGUDI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Les

tampilkan dalam peta lebih besar