KUNJUNGAN MAHASISWA DARI MURDOCH UNIVERSITY KE TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH TERPADU BHUANA LESTARI

nyoman mahadiartha 29 November 2023 10:39:30 WITA

Desa Les - Selasa, 28 Nopember 2023 

Sebanyak 12 orang mahasiswa dan 1 dosen pendamping dari Murdoch University (Australia), melakukan kunjungan ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bhuana Lestari, sebuah desa yang terkenal dengan praktik pengelolaan sampahnya yang berkelanjutan. Kunjungan ini bertujuan untuk memahami lebih dalam tentang upaya yang dilakukan oleh desa dalam penanganan sampah mulai dari pemilahan sampah organik, plastik dan residu serta dijelaskan bagaimana cara mengolah sampah organik menjadi kompos yang nantinya akan di kemas dan dipasarkan ke masyarakat setempat sambil mengedukasi masyarakat tentang kelestarian lingkungan dengan mengunakan pupuk kompos.

Salah satu poin fokus kunjungan ini adalah pengelolaan sampah organik. TPST Bhuana Lestari telah berhasil mengimplementasikan program komposting yang efektif untuk mengolah sampah organik menjadi pupuk yang berguna. Mahasiswa dengan antusias menggali informasi tentang proses ini dan bagaimana dapat diaplikasikan di negara mereka.

Selanjutnya, Mahasiswa juga diajak untuk melihat sistem daur ulang di desa tersebut. Mereka mendapatkan gambaran tentang proses pemilahan sampah dan penggunaan kembali material untuk mengurangi limbah yang masuk ke tempat pembuangan akhir. 

Selain itu, Mahasiswa juga diajak ke tempat  budidaya lalat Black Soldier Fly (BSF) dan juga melihat proses budidaya lebah trigona dan pembudidayaan Spirulina.

Kunjungan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi mahasiswa sebagai pembelajaran praktis, tetapi juga menciptakan peluang untuk kerjasama lebih lanjut antara Murdoch University dan TPST Bhuana Lestari Desa Les. Potensi pertukaran pengetahuan dan teknologi antara kedua pihak diharapkan dapat memperkuat upaya penanganan sampah berkelanjutan.

Komentar atas KUNJUNGAN MAHASISWA DARI MURDOCH UNIVERSITY KE TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH TERPADU BHUANA LESTARI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Les

tampilkan dalam peta lebih besar