KUNJUNGAN MENPAREKRAF DI DESA WISATA LES DALAM AJANG ADWI 2024 - PEMDES LES

03 September 2024 11:47:07 WITA

Desa Wisata Les, Bali – Dalam rangka mendorong dan mengembangkan Desa - Desa Wisata di Indonesia untuk menjadi Destinasi Pariwisata yang berkelas dunia, berdaya saing dan berkelanjutan, pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) Bintang Puspayoga dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (BPI) Ivanovich Agusta, yang juga didampingi oleh Pj Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana serta Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng Gede Suyasa melakukan kunjungan ke Desa Wisata Les, pada Sabtu, 31 Agustus 2024.
Kunjungan tersebut merupakan serangkaian visitasi dan penilaian 50 besar desa wisata dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024. Dalam kunjungan tersebut, Menparekraf, Kemenpppa, dan Kemendesa disambut dengan meriah oleh warga desa dan para penggiat wisata Desa Les. Acara dimulai dengan penyambutan tradisional, menampilkan berbagai tarian dan musik khas daerah yang menunjukkan kekayaan budaya setempat.
Menparekraf mencatat bahwa Desa Les memiliki keunikan tersendiri dibandingkan desa lainnya, yaitu tidak mengadakan upacara ngaben, sebuah tradisi budaya yang jarang ditemui di daerah lain. Menurutnya, hal ini bisa menjadi daya tarik tambahan yang dapat dikembangkan untuk menarik wisatawan kedepannya.
Program ADWI juga bersinergi dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA), yang mengusung tema desa wisata ramah perempuan. Dalam acara tersebut, Menparekraf, KemenPPPA, dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes) meluncurkan pedoman dan meresmikan Desa Les sebagai Desa Wisata Ramah Perempuan.
Setelah peluncuran pedoman, ketiga kementerian bersama Pj Bupati setempat melakukan kunjungan ke produk UMKM desa serta penanaman pohon kenanga sebagai simbol komitmen terhadap pelestarian lingkungan.
Acara diakhiri dengan penandatanganan prasasti oleh Menparekraf, KemenPPPA, Kemendes, dan Pj Bupati, menandai komitmen bersama dalam pengembangan desa wisata yang berkelanjutan.
Tak Lupa Kami sampaikan terimakasih kepada Gede Buldog Dapur Bali Mula,Bapak Camat Igede Suyasa,Dihub Buleleng,DLLAJ Buleleng,BPBD Buleleng,Dinas Pariwisata Buleleng,dan segenap komponen yang telah mendukung keberhasilan acara ini.

Komentar atas KUNJUNGAN MENPAREKRAF DI DESA WISATA LES DALAM AJANG ADWI 2024 - PEMDES LES

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

KIBARKAN BENDERA MERAH PUTIH

PENERIMAAN SISWA BARU

DESA LES

Lokasi Les

tampilkan dalam peta lebih besar