DEKLARASI DESA ODF (OPEN DEFECATION FREE) ATAU DESA STOP BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN DI DESA LES

Ketut Kartika Yani 03 Agustus 2022 13:09:59 WITA

Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng mengadakan kegiatan deklarasi ODF (Open Defecation Free) atau Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan yang bertempat di Desa Les. Desa Les merupakan desa yang berhasil mendeklarasikan sebagai Desa ODF atau Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan di tahun 2022 ini dan merupakan desa ODF yang ke-39 di Kabupaten Buleleng yang telah dideklarasikan. Deklarasi Desa ODF ini dihadiri oleh Sekretaris Camat Tejakula, Perbekel Desa Les, Kepala Puskesmas Tejakula 1, Babinsa Desa Les, Bhabin Kamtibmas, Kelian Desa Adat Les-Penuktukan, Bidan Desa, PKK, Kader KPM dan Lansia, serta Ketua Bumdes Desa Les.

Tujuan penyelenggaraan deklarasi Desa ODF adalah guna mengumumkan kepada masyarakat luas bahwa desa Les sudah stop buang air besar sembarangan. Deklarasi ODF ini diharapkan dapat mewujudkan pembangunan berwawasan kesehatan lingkungan, yang mana salah satu wujud nyatanya berupa penyiapan Desa STBM atau dikenal dengan Desa Sanitasi Total Bersumber daya Masyarakat yang terdiri dari 5 pilar yaitu: stop buang air besar  sembarang, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, pengolahan makanan dan minuman rumah tangga, pengolahan sampah rumah tangga serta pengolahan limbah    cair rumah tangga.

Desa yang telah dideklarasikan sebagai desa ODF selanjutnya diharapkan sebagai Desa STBM. Pendeklarasian ODF ini merupakan cikal bakal dari terwujudnya kabupaten sehat. Kabupaten sehat sendiri dimaknai sebagai suatu kondisi kesehatan yang bersih, nyaman, aman untuk dihuni. Oleh karena itu, keberhasilan penyelenggaraan kegiatan STBM sangat penting dan menjadi ujung tombak. Kabupaten Buleleng sendiri saat ini sudah mencapai 91,34% untuk akses sanitasi.

Pendeklarasian ODF di Desa Les dilaksanakan pada Rabu, 03 Agustus 2022, pukul 09.00 WITA yang bertempat di Aula Kantor Desa Les. Kegiatan dimulai dengan pembukaan, seperti doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan sambutan Perbekel Desa Les dan Camat Tejakula yang diwakili oleh Sekretaris camat Tejakula. Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan inti, yaitu pembacaan Ikrar Deklarasi dan penyerahan sertificate Desa ODF. Pembacaan ikrar deklarasi diikuti oleh kader KPM dan Lansia yang hadir pada saat kegiatan tersebut. Pembacaan Ikrar Deklarasi dilanjutkan dengan penyerahan sertificate Desa ODF dari Camat Tejakula (yang diwakili oleh Sekretaris Camat Tejakula) kepada perbekel Desa Les, Gede Adi Wistara, SH.

Kegiatan Deklarasi Desa ODF di Desa Les diakhiri dengan salam penutup oleh pembawa acara.

Komentar atas DEKLARASI DESA ODF (OPEN DEFECATION FREE) ATAU DESA STOP BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN DI DESA LES

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Desa Les

Lokasi Les

tampilkan dalam peta lebih besar