PENCEGAHAN PENYAKIT MULUT DAN KUKU (PMK) DI DESA LES

Ketut Kartika Yani 05 Agustus 2022 12:57:57 WITA

Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) merupakan penyakit ternak yang sedang merebak saat ini. PMK merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi virus pada ternak. PMK biasanya menyerang ternak yang memiliki kuku genap/belah seperti sapi, gajah, kambing, babi, domba, dan hewan dengan kuku belah lainnya.

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit akut dan bisa menular ke ternak lainnya melalui angin. PMK menyebabkan lepuh/erosi di sekitar mulut, lidah, dan kulit-kulit disekitar kuku. PMK juga menyebabkan hewan pincang, dan bahkan kuku bisa terlepas. Apabila tidak ditangani dengan cepat dan tepat, PMK dapat menyebabkan kematian pada hewan ternak. Virus yang dapat menyebabkan PMK ini biasanya dapat bertahan lama di lingkungan, dan bertahan hidup di tulang, kelenjar, susu serta produk susu.

Guna mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Desa Les, Dinas Peternakan Kabupaten Buleleng melaksanakan vaksin untuk ternak warga. Kegiatan vaksin ini dilaksanakan pada Jumat, 05 Agustus 2022. Petugas turun langsung ke rumah-rumah warga yang memiliki hewan ternak, khususnya hewan ternak sapi yang ada di 9 Banjar Dinas di Desa Les. Proses vaksin PMK ini didampingi oleh masing-masing Kelian Banjar Dinas agar proses pemaksinan bisa lebih efektif dan maksimal. Selain petugas vaksin dan kelian Banjar Dinas, kegiatan ini juga dibantu oleh adik-adik mahasiswa KKN PPM XXV UNUD 2022.  Jumlah hewan ternak yang telah divaksin paling banyak berada di Banjar Dinas Butiyang, dikarenakan mayoritas penduduk disana bermatapencaharian sebagai petani dan juga peternak sapi. Dengan proses vaksinasi PMK ini, diharapkan tidak ada hewan ternak warga yang terjangkit Penyakit Kulit dan Kuku (PMK).

Komentar atas PENCEGAHAN PENYAKIT MULUT DAN KUKU (PMK) DI DESA LES

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Desa Les

Lokasi Les

tampilkan dalam peta lebih besar